Wasabi adalah tanaman asli dari Negara jepang sejak beberapa tahun silam.Sejak tahun 1600 masyarakat Jepang sudah membudidayakan tanaman yang biasa bertahan hidup di antara perairan pegunungan yang bersih seperti di antara pegunungan Fuji,pegunungan Amaji dan daerah tenggara pegunungan jepang.Tanaman ini juga suka tumbuh subur di antara air mancur rendah dan di pinggir pinggir sungai.
Shizuoka adalah salah satu pelopor yang memproduksi wasabi secara missal.

Tahukah anda bahwa wasabi bubuk atau wasabi tube/pasta di buat dari horsedish yaitu tanaman yang punya karakte mirip dari wasabi tetapi sebenarnya tanaman ini sangat berbeda dari wasabi.Coba rasakan bedanya antara wasabi yang asli dengan yang lain pasti anda akan merasakan betapa mantapnya aroma wasabi yang asli.
Wasabi-zuke adala jenis wasabi pertama yang di buat oleh Shizuoka dengan memanfaatkan tangkai dan akar( wasabi tidak mempunya batang ) dari wasabi yang di campur dengan sake.Wasabi jenis ini sangat cocok di sajikan dengan nasi yang masih panas atau di sajikan di atas kamaboko atau sejenis fish cake.

Tahukah anda mengapa masyarakat jepang banyak menggunakan wasabi sebagai campuran kuliner mereka selain sebagai penguat rasa spicy:
Wasabi banyak mengandung bahan anti bacterial,anti jamur serta anti insect
Wasabi juga mengandung bahan anti tumor dan anti trhobogenic
Wasabi mengandung bahan yang mempunyai sifat mengawetkan makanan
Bagaimana mengolah wasabi;
Pisahkan tangkai wasabi perlahan lahan menggunakan jari tangan anda
Cuci wasabi menggunakan air mengalir dan jangan membuang kulitnya sebab akan dipakai juga.
Haluskan menggunakan parut dari bagian atas ( bagian yang di tumbuhi ranting )sampai ke bagian ujung akar
Wasabi sangat baik di gunakan dari 3 sampai 5 menit setelah anda menghaluskannya.Saat inilah wasabi akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sesungguhnya.

Cara penyimpanan wasabi setelah anda tidak menggunakannnya lagi cukup anda gulung menggunakan tissue kering dan masukkan kedalam plastik klip dan simpan di suhu dingin jangan membeku.Wasabi yang di simpan dengan cara ini bias bertahan sampai 2 minggu.

Comments (2)

On 15 Juli 2010 pukul 05.56 , rahma mengatakan...

wahh.. wasabi.. aku punya mayonaise rasa wasabi.. tpi sampe sekarang ga tau gmn cara ngolahnya.. abisnya ga bisa masak.. >,<

 
On 16 September 2010 pukul 10.31 , Anonim mengatakan...

menarik nih materinya,,sekalian mau nanya nih,kalo bumbu khas jepang yang terbuat dari akar selain wasabi ada lagi ga? sama bumbu khas jepang yg terbuat dari umbi dan bunga apa aja sih? makasih